Monday, February 9, 2009

Sore-Sore, 3 Pocong Gentayangan di KPK

JAKARTA - Tiga pocong terlihat secara kasat mata di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (4/2/2009). Bahkan penampakan ketiganya memancing puluhan massa datang ke gedung yang berlokasi di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan itu.

Tapi tunggu dulu, tiga pocong tersebut hanyalah simbol dari tiga kepala daerah tingkat dua di provinsi Jawa Tengah. Ketiga orang ini adalah anggota dari Front Masyarakat Anti Korupsi (Formasi) Jateng yang menyambangi kantor KPK.

Aksi yang dilakukan sore hari tersebut adalah untuk menuntut KPK mengambil alih penanganan dugaan kasus korupsi yang dilakukan tiga kepala daerah yaitu Walikota Semarang, Bupati Batang, dan Walikota Magelang, apabila kasus tersebut ditunda penanganannya oleh Kejaksaan Tinggi Jateng.

Formasi juga meminta Presiden RI segera mengeluarkan surat izin Presiden terhadap tiga kepala daerah, karena sampai sekarang Kejati belum menerima surat izin tersebut. Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW yang ikut menemani massa mengatakan, mekanisme pemeriksaan pejabat lewat surat izin bisa menghambat upaya pemberantasan korupsi.

"Izin tersebut bertolak belakang dengan semangat pemberantasan korupsi," kata dia saat ditemui di gedung KPK.

No comments: