Tuesday, April 6, 2010

wisuda ...blaik!!!

Adalah satu titik perjalanan yang harus dilalui oleh setiap manusia bergelar mahasiswa. Titik yang ditandai dengan samir yang berwarna emas dan ritual membenarkan tali topi yang sedikit melenceng. Setelah itu peluk, cium dan saling berjanji . Ritual membosankan setiap tahun.
Wisuda penjadi garis kasta yang senantiasa memisahkan pikiran kehidupan manusia. Antonio Gramsci berujar banyak manusia yang lahir dari rahim intelektual namun tidak menjadi manusia intelektual. Berusaha untuk lulus, namun tidak mengetahui makna dibalik kelulusan itu sendiri. Intelektual tanpa humanisasi, liberasi dan juga tanpa transedensi. Akhirmya, wisuda hanya menjadi upacara pelantikan calon manusia yang sama artinya dengan mesin yang memang selayaknya diperas untuk tujuan akhir dari sebuah perusahaan.
Ritual menjadi tidak berarti jika engkau mengetahui upacara hanya menjadi kasta yang semakin memisahkan sosok humanistic manusia dengan sisi kapitalistik manusia, hanya akan merimbakan bumi yang sebenarnya bukan jalur lari yang memaksa manusia untuk yang menjadi utama atau tak akan dikenal oleh dunia. Wisuda menjadi tak berarti jika engkau mengerti hakikat kenapa manusia diciptakan.
(Dewangga,03042010)

No comments: